Jumat, 06 Juni 2014

Hingga saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam jenis dan style jilbab atau hijab yang cantik dan elegan untuk menunjang penampilan muslimah dalam mengenakan baju muslim, namun kita juga harus tahu bahan yang digunakan untuk jilbab tersebut. Namun mayoritas muslimah tidak terlalu mempersoalkan hijab / jilbab yang mereka pakai itu terbuat dari bahan apa. Padahal beda jenis kerudung itu sangat berperan dalam menunjang penampilan kita dalam mengkreasikan tampilan hijab / jilbab. Dalam artikel berikut ini kita akan mencoba untuk berbagi tentang jenis kerudung untuk berhijab beserta karakteristiknya namun akan kita bagi dalam beberapa artikel ya.

1. Hijab Bahan Sifon
Material chiffon mempunyai karakteristik lebih licin dibanding hycon. Dalam memakai chiffon perlu bantuan  inner atau ciput agar tampilannya lebih maksimal. Banyak bergo yang berbahan chiffon. Baik chiffon  two tone ataupun chiffon crepe. Meskipun agak panas, tapi bergo chiffon dapat dijadikan alternative buat acara yang lebih semi formal. Bila memilih bergo chiffon ini lebih baik sesuaikan dengan bahan busana. Chiffon sekarang ini banyak ditemui untuk pashmina dan terdapat dalam bentuk bermotif maupun polos.

2. Hijab Bahan Katun
Kelebihan dari bahan ini adalah nyaman dipakai, bisa dipakai sehari-hari. Perawatan kerudung berbahan dasar katun  ini juga sangat mudah. Sedangkan kekurangannya adalah bahan  yang terbuat dari bahan katun tidak bisa dibentuk menjadi aneka kreasi karena bahannya agak tebal.

3. Hijab Bahan Lycra atau spandex
Selain nyaman digunakan,bahan ini perawatannya cukup mudah. Hanya dengan mencuci biasa dan keringkan dibawah matahari. Bahan ini tidak panas digunakan dan lentur sekali. Kadang ada yang memiliki efek kilap ada juga yang tidak.

4. Hijab Bahan Sutra
Kelebihan hijab berbahan sutra adalah nyaman dipakai dan tidak panas, lalu mudah dibentuk aneka kreasi karena teksturnya lembut, bisa dipakai sehari-hari, bahan nya yang cantik juga cocok dipakai saat acara pesta. Sedangkan kekurangannya ini mudah kusut, kadang-kadang luntur, perawatannya juga harus ekstra hati-hati biar awet.

Baiklah untuk artikel ini cukup 4 membahas 4 bahan dulu ya, kita akan sambung pada artikel berikutnya. Untuk saat ini kita bisa lihat contoh berbagai jenis bahan hijab / jilbab tersebut di toko model jilbab terbaru pilihan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar